10 Benda Ini Sering Kamu Temui Tapi Nggak Tahu Apa Fungsinya? Yang Nomer 7 Nggak Nyangka Banget!



1

1. Gantungan di belakang baju






via: stylefellow.com
Menurut Bright Side nih ada 3 alasan kenapa kok ada kemeja yang punya kancing di kerah bagian belakangnya:
  • #1 Biar gampang gantung baju kamu.
  • #2 Zaman dulu biar lebih rapi kalo pakai dasi
  • #3 Alasan paling romantis, katanya sih sob zaman dulu di Amrik sono kalo ada mahasiswa cowok yang kemejanya nggak ada gantungannya tuh artinya doski udah punya pacar. Sebagai balasannya si cewek bakal pakai syal yang ada lambang almamaternya cowoknya.



2

2.Tabung di kabel charger laptop





via: brightside.me
Kamu bakal nemuin kayak tabung di bagian kabel charger laptop kamu. Emang nggak di semua kabel sih, tapi tahu nggak fungsinya tuh tabung apa? Nah si tabung itu ternyata namanya 'ferrite bead' fungsinya tuh buat nekan frekuensi tinggi yang ada di perangkat elektronik sob. Disainnya sederhana banget kok, jadi di dalem ferit ini kabel ternyata nggak lurus doang tapi justru melilit.



3

3.Lubang kecil di jendela pesawat





via: shutterstock.com
Kaca jendela pesawat tuh tebel banget ya sob pas di pegang, tapi kamu sadar nggak kalo ternyata ada lubang kecil loh di kacanya? Tenang tuh lubang bukan berarti kata jendelanya cacat produksi, tapi emang udah disain dari sononya. Kenapa dikasih lubang? Coz sebenernya pas terbang nih kaca jendela itu berpotensi pecah gara-gara tekanan kuat udara dari dalam sama luar pesawat. Dengan ngasih lubang kecil itu memungkinkan udara bergerak di area kabin dan panel pesawat buat nyamain tekanan. Wah penting banget nih fungsinya. Mulai perhatiin ya di kaca pesawat yang kamu naiki ada lubangnya nggak.


4

4.Bagian biru di penghapus




via: cdn0-a.production.liputan6.static6.com
Kamu pernah pake penghapus kayak yang digambar itu? Kamu pasti bilang kalo bagian biru di penghapus itu fungsinya buat ngehapus tulisan dari bolpen. Hmmm... sebenernya kurang tepat sih sob. Coz awal penghapus biru tuh dirancang buat ngehapus bekas pensil di kertas yang tebel. Biasanya kan kalo kamu ngehapus bekas coretan pensil ada tuh yang bekasnya nggak bisa ilang kan? Nah itu ngehapusnya pake bagian yang biru. Tapi coz orang-orang awalnya juga nggak ngerti sama fungsinya, akhirnya produsen penghapus ini pake cara promosi lain dengan bilang kalo yang biru tuh buat ngehapus bekas bolpen. Biar orang paham sama fungsi baru si biru, sampai dikasih gambar bolpen segala. Menurutku si biru tetep nggak bersih sih ngehapusnya, malah bikin kertas sobek.


5

5.Kenapa lubang kancing baju yang paling atas bentuknya harus horisontal?




via: pinstripesandtweed.com
Ternyata ada misteri lain nih soal disain baju yang kadang nggak bikin kita kepikiran. Tapi pada nyadar nggak sih kalo lubang kancing baju kita nih ternyata yang paling atas aja yang bentuknya horisontal, nah yang lain itu vertikal? Fakta unik menurut tim Bright Sidenggak ada maksud macem-macem kok sob. Cuma biar orang tuh bisa lebih bedain aja antara kancing kemeja bagian atas (di kerah baju) sama bagian bawah. Aneh-aneh aja alasannya, kirain apaan.


6

6.Lubang ekstra di sepatu kets mu




via: files.brightside.me
Yang suka pake sepatu kets atau sepatu olahraga nih pasti tahu dong kalo ada lubang ekatra di sepatumu? Fungsinya buat apa ya? Faktanya lubang itu emang buat tali sepatu, kayak buat iket sepatu lebih kenceng dan rapi. Jadi buat kamu yang suka olahraga pasti ganggu banget kan kalo tali sepatumu keluar atau lepas. Kalo lubang di sepatu converse buat apa? Kalo yang itu sih buat ventilasi udara aja sob, biar kakimu nggak bau atau lembab. Lebih jelasnya kamu bisa liat di video ini sob.

7

7.Lubang di sendok spagetti



via: popsugar.com
Buat kamu yang hobi masak atau lagi ngambil kelas masak pasti pernah tahu sendok spagetti. Sendok yang biasanya berbahan plastik dan warna hitam ini punya lubang ditengah sendok. Mungkin kamu bakal jawab fungsi lubang itu buat nyaring spagetti yang baru kamu rebus, hmm bisa jadi. Tapi sebenernya fungsinya buat takaran sob. Yup, buat nakar nih kira-kira berapa banyak yang bakal orang makan. Misal kamu masak spagetti buat berempat sama temen-temen kamu. Sendok ini bisa ngira-ngira berapa banyak jumlah spagetti yang dibutuhin buat makan berempat, dan supaya nggak pas bagi juga lebih adil.

8

8.Saku kecil dan paku kecil di celana jeans kamu



via: pixabay.com
Kalo cowok mungkin nih jawabnya buat nyelipin kondom, hahaha bisa jadi. Emang muat kan? Tapi sebenernya bukan itu loh fungsinya. Jadi saku kecil ini pertama kali muncul di celana jeans Levi tahun 1873, dan fungsinya buat naruh arloji saku. Tapi kalo zaman sekarang kan jarang yah sob yang masih pake arloji saku, mending pake jam tangan. Makanya saku kecil ini alih fungsi jadi tempat rahasia nyelipin kondom.
Nah kalo paku di celana jeans buat apa? Jadi sejarahnya dulu nih pekerja kasar kayak buruh suka pake celana jeans coz bahannya yang tebel jadi nggak gampang rusak. Tapi waktu itu semua dijahitnya pake benang. Nah namanya kerja kasar pasti banyak gerak, endingnya ada beberapa bagian yang jahitannya gampang putus atau rusak nih, kayak dibagian kantong. Jadi produsen berinovasi nih dibagian itu diganti pake paku aja. Dan ternyata berhasil, paku ini bikin bagian itu lebih elastis dan nggak gampang rusak.

9

9.Lubang di bagian atas tutup bolpen



via: bicworld.com
Orang banyak ngira kalo lupang di atas tutup bolpen nih fungsinya buat ventilasi udara. Tapi sebenernya kurang tepat sob. Kamu pernah nonton film yang ada adegan pas lagi makan di restauran atau cafe nih tiba-tiba ada pengunjung yang pingsan mendadak misal gara-gara keselek biji kendondong atau kayak di KDrama The Doctor pas Kim Rae Won nyelametin ibu hamil. Biasanya kalo si tokoh utama dokter, doski bakal minta pisau atau bolpen buat nusuk tenggorokan pasien. Ini sejenis pertolongan pertama buat bantu pasien supaya bisa bernafas. Nah tutup bolpen ini dimasukin ke tenggorokan pasien supaya udara bisa mengalir. Wow, nggak nyangka ya? Tapi nggak boleh sembarangan nusuk tenggorokan orang ya, harus tenaga ahli kayak dokter yang boleh ngelakuin. Don't try this at home!

10

10.Potongan kain dan kancing yang ada di baju baru



via: read-mania.com
Pas beli baju atau celana baru loh kok ada kain sama kancing ekstra? Buat apa ya? Ternyata sob itu tujuannya kalo baju atau celanamu sobek, atau nih kancingnya lepas terus ilang. Bahan ini bisa dipake buat nambal celana sobekmu dan ganti kancing bajumu yang ilang. Selain itu kain ektra ini ternyata juga punyai fungsi misal kamu mau nyuci bajumu kamu bisa ngetes pake kain ini dulu buat tahu nih bahan bajumu bakal gampang luntur nggak kalo dicuci. Atau kalo pake pemutih warnanya bakal cepek pudar ngga? Wah, idenya boleh juga ternyata.

Itu tadi 10 hal yang biasa kamu temuin tapi kamu sendiri malah nggak tahu fungsi aslinya buat apa. Ternyata berguna banget ya? Kalo udah tau gini bakal bikin cara pandang jadi beda ya buat manfaatin barang-barang ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Benda Ini Sering Kamu Temui Tapi Nggak Tahu Apa Fungsinya? Yang Nomer 7 Nggak Nyangka Banget!"